Kisah Nadia



Lumpia Bengkuang

Resep diadaptasi dari mbak Endang JTT

Bahan:
- kulit lumpia siap pakai (saya pakai merk Finna)
- 1 buang bengkuang (berat 500 gram), serut kasar
- 1 buah wortel (berat 200 gram), serut kasar
- 2 batang daun bawang, rajang halus

Bumbu:
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 3 siung bawang putih, cincang sehalus mungkin
- 4 siung bawang merah, cincang halus
- 3 sendok makan ebi (udang kering)
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk


Cara membuat :
  1. Siapkan wajan, tuangkan udang kering (ebi) dan sangrai dengan api kecil hingga permukaannya sedikit kecoklatan. Angkat, dinginkan dan proses dengan blender dry mill hingga halus. Simpan ebi bubuk di wadah kedap udara di freezer/chiller dan bisa digunakan untuk menyedapkan aneka masakan tumisan dan kuah. 
  2. Parut bengkuang dan wortel dengan food processor atau gunakan parutan rujak serut, peras bengkuang dan wortel kuat-kuat untuk membuang kelebihan airnya. Sisihkan. 
  3. Siapkan wajan, panaskan minyak dan tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, matang dan tidak terlalu basah. Masukkan ebi bubuk, tumis beberapa detik agar ebi menjadi harum. Tambahkan saus tiram, kecap asin, gula, garam dan merica bubuk, aduk rata dan tumis beberapa detik. 
  4. Masukkan parutan bengkuang, wortel dan daun bawang, aduk rata dan tumis hingga matang. Cicipi rasanya, tambahkan gula dan garam untuk menyeimbangkan rasa sesuai selera. Masak hingga tumisan mengering, angkat dan biarkan hingga dingin. 
  5. Siapkan kulit lumpia/spring roll siap pakai, selalu tutup kulit dengan kain lembab selama proses melipat dan mengisi agar kulit lumpia tetap lembab. 
  6. Jika kondisinya masih beku maka diamkan kulit lumpia di suhu ruang hingga benar-benar lemas dan mudah dilepaskan antar lapisannya. 
  7. Ambil selembar kulit lumpia, letakkan sekitar 1 sendok makan adonan isi di salah satu sisi kulit. Tekuk bagian kiri dan kanannya, kemudian gulung kulit lumpia sambil dipadatkan agar tidak ada rongga udara di dalam lumpia. 
  8. Olesi ujung kulit (diakhir lipatan) dengan air, kemudian lipat hingga kulit merekat erat. Usahakan bagian isi tidak terbuka (tertutup kulit dengan baik) agar minyak tidak masuk kala lumpia digoreng.Bungkus semua isi dan tata lumpia di wadah datar. Tutup lumpia dengan kain selama proses penggorengan agar tidak terkena udara langsung dan membuat lumpia menjadi kering. 
  9. Panaskan minyak di wajan anti lengket, goreng lumpia dengan sisi lipatan dibawah, hingga satu sisi kecoklatan dan balikkan. Goreng hingga matang, angkat dan tiriskan. 
  10. Lumpia sedap disantap dengan saus Bangkok atau saus asam pedas manis. Super yummy!

Note: sisa kulit lumpia harus terbungkus rapat dan bekukan kembali di freezer.


Membekukan Lumpia
Tata lumpia yang sudah dilipat di piring datar, alasi piring dengan plastik atau kertas baking agar lumpia tidak lengket. Masukkan ke freezer hingga beku, lepaskan dari piring dan masukkan ke plastik, ikat rapat dan simpan di freezer. Lumpia tahan 3 bulan di dalam freezer. Ketika akan dipakai langsung goreng lumpia beku di minyak panas hingga garing.

Promo Terupdate